Yuk Kenalan Dengan Burung Unik Asal Kalimantan Ini

Sudah tahu belum? Ternyata Provinsi Kalimantan menjadi salah satu pusat biodiversitas yang tergolong unik di Indonesia, lho.

Hal ini bukan tak beralasan, pasalnya Kalimantan memang dikenal sebagai salah satu tempat dengan wilayah yang subur, yakni berupa tumpukan serasah membentuk lahan gambut.

Hutan di atas lahan gambut tersebut menyimpan potensi biodiversitas yang sangat beragam, di antaranya adalah jenis burung.

Buat kalian para pecinta burung pasti sudah tau bukan, bahwa di Kalimantan kita bisa menjumpai begitu banyak jenis burung dengan bentuk yang beragam dan juga unik. 

Penasaran apa saja? Tenang, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai jenis burung yang terbilang unik yang dapat kalian jumpai di Kalimantan, penasaran apa saja? Yuk simak penjelasan berikut ini.

Jenis Burung Unik Yang Ditemukan di Kalimantan

1. Gajahan Timur (Numenius madagascariensis)

Yuk Kenalan Dengan Burung Unik Asal Kalimantan Ini

Salah satu jenis burung yang tergolong unik yang dapat kalian temui di Kalimantan adalah Gajahan Timur, atau dalam bahasa latin disebut dengan Numenius madagascariensis

Gajahan Timur merupakan salah satu jenis burung yang sudah langka di Indonesia, keberadaannya sudah mulai sulit untuk dijumpai karena banyak diburu oleh masyarakat. Sama halnya dengan evil stick mainan, yang sudah jarang ditemui karena terdapat karakter gambar yang menyeramkan.

Gajahan timur adalah burung akuatik. Ia mencari makanan di tepi pantai. Dengan betuk paruhnya yang unik, ia mengais hewan-hewan kecil di pantai yang berlumpur.

2. Kedidi Besar (Calidris tenuirostris)

Yuk Kenalan Dengan Burung Unik Asal Kalimantan Ini

Burung berikutnya yang juga dapat kalian jumpai di Kalimantan adalah burung Kedidi Besar, atau dalam bahasa latin sering disebut dengan Calidris tenuirostris.

Burung ini juga masuk kedalam kategori burung akuatik. Mereka mencari makanan di pantai berlumpur. Biasanya mereka memakan cacing dan udang-udangan.

Selain itu, burung Kedidi besar juga masuk kedalam kategori burung migran dan ketika musim panas telah tiba, ini terbang ketika ke Rusia untuk berkembang biak, kemudian kembali ke Australia dan Asia Tenggara – termasuk Indonesia – ketika musim dingin.

Namun sangat disayangkan, burung ini juga masuk kedalam kategori burung yang terancam punah karena habitatnya yang kurang mendukung.

3. Betet Ekor-panjang (Psittacula longicauda)

Yuk Kenalan Dengan Burung Unik Asal Kalimantan Ini

Jenis burung unik berikutnya yang juga dapat kalian temui di kawasan Kalimantan adalah burung Betet Ekor-panjang, atau dalam bahasa latin sering disebut dengan Psittacula longicauda.

Burung Betet Ekor-panjang merupakan seekor burung liar yang dapat dikategorikan sebagai burung endemik, itu artinya spesies ini  hanya terdapat di Indonesia dan sekitarnya.

Persebarannya memang hanya meliputi Indonesia dan Malaysia. Spesies burung betet ini selain terkenal karena warna bulunya yang berwarna-warni, ia juga memiliki suara yang nyaring seperti berteriak. Burung ini seringkali terbang di pohon-pohon tinggi di hutan atau bahkan di taman-taman kota.

Namun sangat disayangkan, burung betet masuk kedalam kategori burung yang hampir punah karena sangat banyak sekali diburu oleh masyarakat.

4. Rangkong Badak (Buceros rhinoceros)

Yuk Kenalan Dengan Burung Unik Asal Kalimantan Ini

Jenis burung berikutnya yang juga dapat kalian temui di Kalimantan adalah burung Rangkong Badak, atau dalam bahasa latin sering disebut dengan Buceros rhinoceros.

Pada dasarnya, burung yang satu ini merupakan salah satu hewan yang eksotis tidak hanya bagi Indonesia, tetapi seluruh dunia.

Spesies ini juga adalah hewan endemik di wilayah Indonesia dan Malaysia. Rangkong badak adalah burung pemakan buah, sehingga seringkali disebut ‘petani hutan’. Oleh karena itu berkurangnya pohon di hutan sangat mempengaruhi kemampuan mencari makannya.

5. Kangkareng Hitam (Anthracoceros malayanus)

Yuk Kenalan Dengan Burung Unik Asal Kalimantan Ini

Burung unik berikutnya yang akan kalian temui di kawasan Kalimantan adalah burung Kangkareng Hita, atau dalam bahasa latin sering disebut dengan Anthracoceros malayanus.

Pada dasarnya, Kangkareng hitam merupakan salah satu jenis burung enggang terkecil. Ukurannya hanya berkisar 60-65 cm. Satwa liar ini juga disebut sebagai petani hutan bertubuh kecil sebab fungsinya di alam adalah dengan memancarkan biji dari buah yang dimakan.

Ciri-ciri burung kangkareng berbeda sengan ciri-ciri dan manfaat ikan bandeng yang ukurannya berkisar 1,80 m.

Menurut Rangkong Indonesia, dalam rentang tahun 2000–2012, diperkirakan 18,1% habitat kangkareng hitam telah berkurang.

Hal ini menyebabkan turunnya populasi kangkareng hitam. Pasalnya, burung ini membutuhkan pohon berdiameter besar dengan tinggi sekitar 20–50 meter sebagai tempat bersarang.

Komentar

Postingan Populer